7 Penyebab Anak Malas Belajar Yang Harus Kamu Ketahui!

1. Kesulitan Belajar


Mungkin selama ini anak bukan malas belajar, tapi dia kesulitan dalam proses belajar. Bisa jadi materi yang diajarkan terlalu sulit untuk dipahami anak dan ia tidak mengerti bagaimana cara menyelesaikannya. Akibatnya, anak menjadi tidak termotivasi untuk belajar.

baca juga : les privat
 
Anda dapat membantu anak Anda dengan mengajarkan materi, menambahkan pelajaran, atau dengan menemukan metode belajar yang cocok untuk anak Anda.
 

2. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)


ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah istilah medis untuk gangguan mental yang ditandai dengan perilaku impulsif dan hiperaktif. Selain itu, penderita ADHD akan kesulitan untuk fokus pada satu hal dalam satu waktu.

baca juga : guru les privat
 
Jika anak Anda menderita ADHD, ia mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi saat belajar. Sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya mengenai gangguan ini.

3. Masalah Tidur


Masalah tidur bisa menjadi penyebab anak malas belajar. Dengan tidur, energi kita terkumpul kembali sehingga kita bisa melakukan aktivitas dengan semangat. Jika seorang anak mengalami kesulitan tidur, tentu hal ini akan mempengaruhi kinerjanya dalam belajar. Ia akan kesulitan berkonsentrasi karena kekurangan energi.

baca juga : biaya les privat

4. Tidak Tertarik


Jika anak mempelajari sesuatu yang tidak sesuai dengan bidang yang diminatinya, bisa jadi ia tidak merasa termotivasi untuk mempelajarinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi anak, pertama anda bisa memberikan reward jika anak berhasil rajin belajar. Kamu bisa memberikan reward-nya melalui aplikasi Whiz Penasaran bagaimana caranya?

baca juga : les privat jakarta
 
Kedua, Anda dapat memberikan pemahaman kepada anak Anda bahwa semua ilmu itu penting dan kegiatan belajar ini tidak hanya menambah ilmu, tetapi juga melatih kedisiplinan dan konsentrasi.

5. Gangguan Kecemasan


Gangguan kecemasan atau Anxiety Disorder bisa menjadi gangguan yang memicu “kemalasan” anak dalam belajar. Jika seorang anak mengalami gangguan ini, ia dapat mengalami kecemasan yang ekstrim saat melakukan sesuatu, termasuk belajar.
 
Akibatnya, ia menghindari hal-hal yang bisa memicu perasaan cemas. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika anak Anda mengalami kecemasan yang berlebihan.

6. Stres


Apakah anak memiliki aktivitas lain yang dapat memicu stres? Jika iya, mungkin penyebab anak malas belajar adalah karena stres terhadap sesuatu. Pastikan alasan mengapa anak bisa stres dan cari solusi dari masalah tersebut agar anak bisa fokus belajar.

7. Malnutrisi


Malnutrisi atau kekurangan gizi dapat mempengaruhi aktivitas belajar anak. Nutrisi yang baik dan cukup sangat dibutuhkan untuk dapat berpikir jernih dan berkonsentrasi. Pastikan nutrisi yang diberikan pada anak seimbang dan sesuai dengan kebutuhannya. Konsultasikan dengan ahli gizi mengenai masalah ini agar anak dapat mulai belajar dengan lancar.
 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bingung Mencari Les Privat Untuk Anak? Latiseducation Hadit Memberikan Yang Terbaik Dengan Harga Yang Murah Dan Tutor Berkualitas

Jasa Les Privat Akmil di Latiseducation

10 Sekolah Internasional Terbaik di Jakarta