Close

Berikut Ini Merupakan Informasi Mengenai Penyakit Fistula Ani

Informasi Mengenai Penyakit Fistula Ani

Selamat datang di website resmi www.ahlinyamiom.com yang merupakan pusat penjual obat herbal terlaris, terbaik dan juga terpercaya. Kali ini kami akan membahas informasi mengenai penyakit fistula ani.. Simak selengkapnya di bawah ini !!

Berikut Ini Merupakan Informasi Mengenai Penyakit Fistula Ani

Berikut Ini Merupakan Informasi Mengenai Penyakit Fistula Ani -, Sebagian orang mungkin tidak mengenal penyakit ini. Fistula adalah hubungan abnormal antara 2 tempat yang berepitel. Fistula ani adalah fistula yang menghubungkan antara kanalis anal ke kulit di sekitar anus (ataupun ke organ lain se­perti ke vagina).

Pada permukaan kulit akan kelihatan satu atau lebih lubang fistula, dan dari lubang fistula tersebut dapat keluar nanah ataupun kotoran saat buang air besar.

Gejala Umum Penyakit Fistula Ani, Diantaranya :

Waspadai gejala penyakit fistula ani, sesungguhnya mencegah lebih baik dari pada mengobati. Gejala-gejala umum penyakit fistula ani akan menyerang biasanya adalah sebagai berikut :

  • Gatal sekitar anus dan lubang fistula.
  • Demam, dan tanda tanda umum infeksi.
  • Keluar darah atau nanah dari lubang fistula.
  • Iritasi atau ulkus di kulit di sekitar lubang fistula.
  • Benjolan (Massa fluktuan) bila masih berbentuk abses.
  • Nyeri, yang bertambah pada saat bergerak, defekasi, dan batuk.
  • Apabila anda mengalami gejala-gejala di atas, kemungkinan besar penyakit fistula ani akan menyerang.

FISTULA ANUS+FISSURA ANI+ABSES/BOROK ANUS – ANAL

FISTULA ANI adalah Luka bernanah atau borok yang sulit sembuh disamping anus. Fistula ani atau Fistel paraanal adalah saluran yang menyerupai pipa (fistula, latin = pipa). Sering teraba menyerupai pipa atau saluran yang mengeras.

Saluran ini terbentuk mulai dari dalam anus (anorektal) menembus keluar bokong (perineum). Pada fistula ani selalu ditemukan 2 buah muara keluar, sering disebut dengan istilah external opening (daerah perineum) dan internal opening (anorektal). Lebih mudah untuk menemukan external opening dibandingkan internal opening apalagi kalau internal openingnya lebih dari satu (multipel)

Karakteristik dibandingkan penyakit atau gangguan lain yang berada disekitar anus (hemoroid/wasir, abses anal, fissure ani dll) adalah pada fistula ani sering terjadi kekambuhan dan infeksi ulang jika tidak mendapat penanganan yang baik.

Sering dianggap tidak berbahaya. Tidak jarang banyak yang ’menyimpan’ fistula ani sampai bertahun-tahun. Gejala yang tampak ringan seperti bisul atau luka lecet di bokong membuat fistula ani sering mendapat penanganan yang keliru dan menyebabkan keterlambatan pasien untuk datang konsultasi ke dokter.

Awal keluhan biasanya berupa keluarnya cairan yang tidak biasa dari anus (diluar waktu BAB / buang air besar) cairan bisa berupa nanah atau cairan serupa darah, nyeri pada anus, bengkak pada tepi anus yang berulang, gatal pada anus.

Kadang-kadang di dahului dengan keluhan hemoroid atau wasir. Sering mengalami abses anal (nanah pada anus) sebelumnya. External opening pada bokong akan terlihat seperti bintik atau bulatan yang memerah, sering disertai rembesan nanah atau darah disekitarnya. Pasien sering mengira bintik atau bulatan tersebut, bisul atau luka lecet biasa.

Biasanya disebut fistel adalah terowongan yang menyambung 2 bagian tubuh yang tidak lazim. Biasanya adalah sejenis bisul dibagian anus yang tidak bisa sembuh-sembuh. Didalam bisul tersebut adalah terowongan canal yang menembus ke saluran pembuangan/ rectum. Bisa ada satu, dua atau lebih lobang fistula. Ada 3 macam fistula : Simple fistula, Complete fistula, dan Horseshoe fistula.

1. Simple fistula adalah fistula yang ada hanya ada satu lobang apakah itu dikulit sekitar anus atau disekitar rectum.

2. Complete fistula adalah fistula yang mempunyai 2 lobang, yaitu entrance dan exit. Artinya entrance dari saluran pembuangan lobang pertama dan tentunya keluar melalui exit lobang ke dua.

3. Horseshoe fistula adalah 2 lobang fistula yang ketemu satu dengan yang lainnya dalam bentuk huruf U (Horseshoe fistula).

Fistula merupakan penyakit yang erat hubungannya dengan immune system atau daya tahan tubuh setiap individual. Jika seorang penderita merasakan kelelahan seperti : Bepergian jauh, begadang, dan terlalu kelelahan serta telat makan maka berdampak pada memperburuknya penyakit tersebut. Fistula juga sangat erat kaitannya dengan pola makan

Penyebabnya adalah peradangan di dalam dubur tepatnya dari kelenjar anal (krypto-glandular) didaerah linea dentata. Jika peradangan sampai kebawah kulit disekitar dubur, kulit menjadi merah, sakit dan ada benjolan : Penderita biasanya merasa meriang. nalfistula lebih banyak diderita pria daripada wanita.

INDIKASI

  • Rasa gatel
  • Tidak nyaman jika duduk
  • Rasa sakit dan bengkak (abses )
  • Nanah dan darah dari lobang sekitar anus

PENYEBAB

  1. Ngedan ( ngejan) Pada saat BAB
  2. Pernah ada riwayat t.b.(tuberculosis)
  3. Susah BAB atau Konstipasi (susah BAB/tidak Teratur)

PANTANGAN

♦ Susu dan produk dari susu seperti : Es krim, cake, yoghurt, keju, coklat, dan lain – lain.

♦ Makanan yang mengandung MSG ( Penyedap Rasa ), makanan dan minuman kaleng yang diawetkan seperti : sarden, coca cola, dll.

  • Durian, Nanas, Tomat
  • Daging kambing dan jeroan
  • Rokok, Narkoba, Psikotropika
  • Berhubungan suami istri dikurangi
  • Minuman beralkohol, anggur dan soda.
  • Telor, daging bebek, seafood, makanan pedas, cuka, makanan yang asam – asam , kacang – kacangan dan makanan yang terlalu manis
  • Olahraga seperti : Futsal, Badminton, Tenis, Berenang, Golf, dll.
  • Tidak boleh memencet abses atau bisulnya untuk mengeluarkan nanah, biarkan nanahnya keluar sendiri.

ANJURAN

  1. Minum air sebanyak mungkin lebih dari 8 gelas/ hari
  2. Makan buah-buahan atau sayuran yang berserat tinggi seperti : Pepaya, pear, melon, wortel, lobak, apel yang manis.
  3. BAB harus lancar dan kotoran ( feces ) harus lunak

Fistula anus memang penyakit yang sulit untuk disembuhkan, mereka yang berobat seringkali banyak yang sudah menjalani pengobatan medis. Tidak ada salahnya jika kini Anda mencoba pengobatan dari bahan herbal sebagai obat fistula ani yang aman tanpa menyebabkan efek samping.

Obat herbal yang kami rekomendasikan sudah terbukti dan teruji khasiatnya. Legalitas jelas dan didukung dengan banyaknya testimoni dari konsumen yang berhasil sembuh. 

Jelly Gamat QnC telah mendapat legalitas DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan bersertifikat HALAL MUI. QNC JELLY GAMAT juga telah mendapatkan izin dari BPOM, dengan NO POM TR 173301471. Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan KLIK >> Pengobatan Herbal Fistula Ani Tanpa Operasi

Post By : Obat Miom

BACA JUGA :

Informasi Mengenai Penyakit Fistula Ani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *