Close

Bahaya Penyakit Sinusitis Pada Kesehatan Ibu Hamil

Bahaya Penyakit Sinusitis Pada Kesehatan Ibu Hamil

Bahaya Penyakit Sinusitis Pada Kesehatan Ibu Hamil

Bahaya Penyakit Sinusitis Pada Kesehatan Ibu Hamil -, Infeksi sinus selama kehamilan bisa membuat Anda menderita. Pelepasan nasal kuning atau hijau, kemacetan, demam, sakit kepala, nyeri pada wajah, batuk dan sakit tenggorokan merupakan gejala klasik penyakit sinusitis yang akan membuat Anda resah.

Jika Anda merasakan gejala ini dan Anda sedang hamil, pastikan untuk menghubungi dokter, jangan sampai di biarkan. Wanita hamil tiga kali lebih mungkin terkena infeksi sinus karena perubahan hormonal yang terjadi di tubuh mereka. Kehamilan menyebabkan peningkatan aliran darah ke saluran hidung yang dapat menyebabkan kemacetan.

Lendir di bagian hidung dan rongga sinus tidak bisa mengalir dengan bebas dan rongga sinus menjadi tersumbat. Lendir yang terkumpul menyediakan lingkungan yang kaya untuk bakteri infektif, bakteri atau jamur untuk tumbuh dan berkembang biak.

Apa saja tanda-tanda penyakit sinusitis?

Anda mungkin melihat beberapa cairan kuning atau kehijauan dari hidung Anda. Anda juga mungkin mengalami kesulitan bernafas melalui hidung, merasakan sakit dan tekanan di sekitar wajah dan batuk yang buruk, indra penciuman dan rasa Anda sepertinya tidak berjalan dengan baik. Gejala lainnya meliputi sakit telinga, sakit kepala, sakit tenggorokan dan kelelahan.

Gejala Infeksi Bakteri Sinusitis

Gejala sinus sangat umum saat pilek atau flu, namun pada kebanyakan kasus penyakit sinusitis disebabkan oleh efek virus yang menginfeksi dan sembuh saat infeksi terjadi. Penting untuk membedakan antara sinus yang meradang yang terkait dengan virus flu dan sinusitis yang disebabkan oleh bakteri.

Tanda dan gejala yang terkait dengan diagnosis sinusitis mencakup satu dari dua hal berikut :

  • Berkurang indera penciuman
  • Demam, meski harus disertai gejala sinusitis lain
  • Gejala yang berlanjut selama 10 hari atau lebih setelah dimulainya flu atau flu
  • Nyeri wajah, tekanan, kemacetan, atau kepenuhan (yang juga disertai gejala sinusitis lainnya)
  • Kemacetan dan pelepasan hidung yang biasanya kental dan menjadi kekuningan hingga kuning-hijau
  • Gejala memburuk setelah 5 – 7 hari, atau kembali setelah perbaikan awal dalam pilek (disebut double sickening)

Gejala sinusitis lain yang biasanya terjadi pada orang dewasa dan dapat meliputi :

  • Sakit gigi
  • Kelelahan
  • Halitosis (bau mulut)
  • Nyeri telinga, tekanan, atau kepenuhan
  • Batuk terus-menerus (terutama siang hari)

BAHAYA SINUSITIS

Infeksi sinus yang berbahaya dapat menyebabkan sakit parah di mata, telinga, tenggorokan atau kepala Anda. Infeksi sinus berpotensi menyebar ke seluruh kepala, menyebabkan banyak infeksi. Anda dapat mengembangkan infeksi telinga, infeksi tenggorokan dan bahkan infeksi pada lapisan otak (suatu kondisi yang disebut meningitis) Jika infeksi Anda tidak ditangani dengan benar.

Hampir semua infeksi sinus akan menghasilkan beberapa tingkat rasa sakit, namun jika rasa sakit tersebut menyebabkan Anda tidak membuka mata atau membuat Anda merasa pusing dan lesu, ini mungkin merupakan tanda peringatan akan kondisi yang lebih berbahaya.

Komplikasi Penyakit Sinusitis

1.Infeksi Mata

Sinus yang terinfeksi sangat berbahaya karena kedekatannya dengan mata dan otak. Infeksi sinus dapat menyebar di sepanjang jalur pembuluh darah atau sistem saraf. Anak-anak berisiko tinggi mengalami komplikasi infeksi sinus di mata karena tulang wajah mereka masih jatuh tempo dan terbuka di antara sinus dan soket mata belum ditutup.

Infeksi sinus yang menyebar ke soket mata menyebabkan peningkatan jaringan bengkak di sekitar mata. Akibatnya, mata bisa terlihat bengkak atau bengkak tertutup. Dalam beberapa kasus, bengkak mungkin terjadi di belakang mata, mendorong mata ke depan di stopkontak dan mencegah kelopak mata menutup.

Socket mata adalah area tertutup yang sangat kecil, yang berarti pembengkakan dapat menyebabkan peningkatan tekanan yang dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. Infeksi dapat menyebar menyebabkan meningitis bahkan sampai mati. Jika Anda menderita sakit mata atau kehilangan mata, Anda harus segera mendapat perawatan medis.

2.Infeksi Otak

Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi sinus yang tidak diobati dapat menyebar ke otak atau ke jaringan yang mengelilingi otak. Jika infeksi menyebar ke jaringan otak, maka Anda berisiko mengalami kejang, kerusakan otak atau bahkan kematian. Meningitis bakteri dan bahkan abses otak dapat terjadi yang menyebabkan gangguan pendengaran, stroke, kerusakan otak permanen dan bahkan kematian.

Jika Anda menunjukkan tanda-tanda meningitis (sakit kepala, demam, mual dan leher kaku) atau jika Anda mengalami perubahan status mental atau kehilangan fungsi sebagian tubuh Anda, Anda harus segera mencari perawatan medis.

3. Infeksi Bone (Osteomielitis)

Kedua sinusitis akut berulang dan infeksi sinus kronis dapat menyebar ke tulang yang mengelilingi sinus. Infeksi ini bisa masuk ke pembuluh darah dan mengirim bakteri ke otak atau bagian tubuh lainnya. Tulang yang terinfeksi sangat sulit disembuhkan.

4. Pembengkakan

Infeksi sinus kronis yang tidak diobati dapat mengubah fungsi normal hidung Anda dari waktu ke waktu. Kumpulan lendir di sinus yang perlahan mengembang seiring berjalannya waktu. Tekanan dari mukokel dapat mengikis atau merombak tulang yang bersebelahan dengannya dan bahkan menghirup tulang melalui struktur sekitarnya seperti mata dan otak.

5. Asma

Penderita asma juga cenderung terkena dampak negatif oleh infeksi sinus yang tidak diobati. Penelitian menunjukkan bahwa infeksi tidak hanya bisa memperparah, namun memperburuk asma. Karena infeksi sinus mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bernafas dengan normal, kondisi pernapasan yang ada sebelumnya, seperti asma, oleh karena itu juga terpengaruh.

Itulah Bahaya Penyakit Sinusitis Pada Kesehatan Ibu Hamil, Semoga Bermanfaat 🙂

Jika Anda menderita penyakit sinusitis saat hamil jangan sampai di biarkan, segera atasi permasalahan tersebut dengan cepat, tepat dan tentunya aman tanpa efek samping. Jelly Gamat QnC telah mendapat legalitas DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan bersertifikat HALAL MUI. QNC JELLY GAMAT juga telah mendapatkan izin dari BPOM, dengan NO POM TR 173301471.

Obat herbal yang kami rekomendasikan sudah terbukti dan teruji khasiatnya. Legalitas jelas dan didukung dengan banyaknya testimoni dari konsumen yang berhasil sembuh. Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan KLIK >> Obat Herbal Sinusitis Tanpa Operasi

Post By : Jual Obat Miom

BACA JUGA :

Bahaya Penyakit Sinusitis Pada Kesehatan Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *