Close

Macam-Macam Gangguan Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Macam-Macam Gangguan Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Selamat datang di website resmi www.ahlinyamiom.com yang merupakan pusat penjual obat herbal terlaris, terpercaya dan juga terbaik yang memberikan pelayanan luar biasa dengan sistem “BARANG SAMPAI BARU BAYAR” (Syarat Dan Ketentuan Berlaku).

Kami juga melayani pemesanan dan pengiriman ke Luar Negeri termasuk Singapura, Brunai Darusalam & Timor Leste dengan memberikan penawaran menarik untuk Anda “BISA KIRIM BARANG DULU, SETELAH BARANG SAMPAI BARU BAYAR & DIJAMIN UANG KEMBALI JIKA PESANAN TIDAK SAMPAI KE ALAMAT ANDA”.

Macam-Macam Gangguan Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Macam-Macam Gangguan Menstruasi Dan Cara Mengatasinya -, Gangguan haid merupakan gejala fisik atau emosional yang mengganggu sesaat sebelum dan selama menstruasi, termasuk perdarahan berat, perubahan suasana hati yang tidak terkendali.

Beberapa wanita melewati periode bulanan mereka dengan mudah dengan sedikit atau tanpa masalah. Periode mereka berjalan seperti jam tangan, dimulai dan berhenti pada waktu yang hampir bersamaan setiap bulan, menyebabkan sedikit ketidaknyamanan kecil.

Namun, wanita lain mengalami sejumlah gejala fisik atau emosional sesaat sebelum dan selama menstruasi. Dari pendarahan berat hingga perubahan suasana hati yang tidak terkendali, gejala ini dapat mengganggu kehidupan seorang wanita.

Sebagian besar masalah siklus menstruasi memiliki penjelasan langsung, dan serangkaian pilihan pengobatan ada untuk meringankan gejala Anda. Jika menstruasi Anda terasa luar biasa, diskusikan gejala Anda dengan perawatan kesehatan Anda. Begitu gejala Anda didiagnosis dengan akurat, hal tersebut dapat membantu Anda memilih pengobatan terbaik untuk membuat siklus menstruasi Anda.

Jenis Gangguan Menstruasi

Jika satu atau lebih gejala yang Anda alami sebelum atau selama menstruasi Anda menyebabkan masalah, Anda mungkin mengalami kelainan pada siklus menstruasi. Jenis-jenis gangguan menstruasi diantaranya :

  • Sindrom pramenstruasi (PMS)
  • Gangguan pramenstruasi dysphonic (PMDD)
  • Dismenore (periode menstruasi yang menyakitkan)
  • Pendarahan uterus abnormal (AUB), yang mungkin termasuk perdarahan menstruasi berat, tidak ada pendarahan menstruasi (amenore) atau perdarahan antar menstruasi (perdarahan menstruasi tidak teratur)

1. Amenore

Amenore tidak menstruasi. Istilah ini digunakan untuk wanita yang belum mulai menstruasi setelah berusia 15 tahun (amenore primer) dan yang berhenti menstruasi selama 3 bulan, tapi sudah menstruasi (amenore sekunder).

Amenore primer biasanya disebabkan oleh kelainan hormonal atau masalah pertumbuhan. Amenore sekunder dapat disebabkan oleh hormon pelepas gonadotropin rendah (regulator siklus menstruasi), stres, anoreksia, penurunan berat badan yang ekstrem, kelainan tiroid, olahraga berat, pil KB dan kista ovarium.

2. Sindrom pramenstruasi (PMS)

Sindrom pramenstruasi (PMS) adalah sekelompok gejala fisik, emosi, dan perilaku yang biasa terjadi pada minggu terakhir fase luteal (seminggu sebelum menstruasi). Gejala biasanya tidak dimulai sampai 13 hari sebelum siklus, dan selesai dalam 4 hari setelah perdarahan dimulai.

3. Dismenore

Dismenore adalah menstruasi yang menyakitkan. Nyeri haid terjadi di perut bagian bawah namun bisa menyebar ke punggung bawah dan paha. Nyeri juga bisa disertai kram perut yang parah. Kram berasal dari kontraksi di rahim, yang merupakan bagian normal dari proses menstruasi, dan biasanya pertama terasa saat saya mulai berdarah dan berlanjut hingga 32-48 jam.

Dismenore yang dialami remaja umumnya bukan karena penyakit (dismenore primer). Pada wanita yang lebih tua, dismenore dapat disebabkan oleh penyakit tertentu (dismenore sekunder), seperti fibroid uterus, radang panggul, endometriosis atau kehamilan ektopik.

Gejala dismenore primer bisa diatasi dengan pereda nyeri atau antiinflamasi seperti ibuprofen, ketoprofen dan naproxen. Berolahraga, kompres dengan botol air panas, dan mandi air hangat juga bisa meringankan rasa sakit. Bila nyeri haid tidak lepas dengan obat nyeri, maka kemungkinan dismenore sekunder disebabkan oleh penyakit tertentu.

4. Menorrhagia

Menorrhagia adalah istilah medis untuk perdarahan menstruasi yang berlebihan. Dalam siklus menstruasi yang normal, rata-rata wanita kehilangan sekitar 30 ml darah selama sekitar 7 hari menstruasi. Jika pendarahan melebihi 7 hari atau terlalu berat (diatas 80 ml), maka dikategorikan menorrhagia.

Penyebab utama menorrhagia adalah ketidakseimbangan estrogen dan progesteron dalam tubuh. Ketidakseimbangan menyebabkan endometrium terus terbentuk. Saat tubuh menyingkirkan endometrium melalui haid, perdarahan menjadi parah.

Menoragia juga bisa disebabkan oleh kelainan tiroid, penyakit darah, dan pembengkakan / infeksi pada vagina atau leher rahim.

5. Perdarahan Abnormal

Perdarahan vagina tidak normal (tidak termasuk menstruasi), antara lain :

  • Pendarahan setelah menopause
  • Perdarahan antara periode menstruasi
  • Perdarahan setelah berhubungan seks

Perdarahan abnormal disebabkan oleh banyak hal. Dokter Anda mungkin mulai dengan memeriksa masalah yang paling umum pada kelompok usia Anda. Masalah serius seperti fibroid uterus, polip, atau bahkan kanker bisa menjadi penyebab pendarahan yang tidak normal. Baik remaja dan wanita menjelang menopause, perubahan hormonal dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Itulah Macam-Macam Gangguan Menstruasi Dan Cara Mengatasinya, Semoga Bermanfaat 🙂

Jika Anda mengalami permasalahan pada siklus menstruasi jangan sampai di biarkan. Segera atasi permasalahan tersebut dengan obat herbal Ovary Nutrition Capsule. Obat herbal yang kami rekomendasikan sudah terbukti dan teruji khasiatnya. Legalitas jelas dan didukung dengan banyaknya testimoni dari konsumen yang berhasil sembuh. Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan KLIK >> Obat Pelancar Haid

Post By : Obat Miom

BACA JUGA :

Macam-Macam Gangguan Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *